Selasa, 07 Agustus 2018

Keunikan tradisi dan kuliner yang ada di Mojokerto


Kabupaten mojokerto ialah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten mojokerto resmi didirikan pada tanggal 9 Mei 1293. Berbatasan dengan banyak kota dan kabupaten. Ini adalah beberapa keunikan yang ada di mojokerto.
Kebudayaan, tradisi, dan makanan khasnya membuat aku tidak betah berlama-lama di kota orang. Rasanya ingin cepat-cepat pulang. Yuk simak:


1.       TRADISI GREBEG SURO MAJAPAHIT
Tradisi grebeg duro majapahit adalah tradisi rutin tahunan yang dilaksanakan setiap tanggal 1 suro kalender Saka. Kegiatannya berupa, ziarah ke makam leluhur, pahlawan dan nenek moyang. Dilanjutkan dengan pentas seni dan makanan rakyat, yang terakhir grebeg suro (arak-arakan). Tidak berhenti sampai disitu saja, acara grebeg suro majapahit ini ditutup dengan pagelaran wayang kulit dalam semalam suntuk. Arti dari tradisi ini adalah merupakan permohonan keselamatan dan kesejahteraan bagi bumi nusantara.
2.       SENI BANTENGAN
Kesenian bantengan ini merupakan seni tradisional kabupaten mojokerto yang lahir dari salah satu kecamatan yang ada di kab mojokerto yaitu kecamatan Trawas dan juga Pacet. Pemerintah daerah kabupaten mojokerto setiap tahun mengadakan festival seni bantengan yang diikuti lebih dari 50 kelompok seni bantengan. Hal ini sudah membuktikan bahwa seni bantengan layak mendapat apresiasi. Tidak lepas juga dari dukungan masyarakat. Karena semakin tahun semakin  berkembang, seni bantengan diharapkan mampu menjadi ikon wisata di kabupaten Mojokerto.

Nah sekarang mari kita ulas lagi sesuatu yang membuat mojokerto unik. Yaitu dengan makanan-makanannya.
1.       ONDE-ONDE
Onde-onde adalah makanan tradisional berbentuk bulat dan seluruh sisinya ditabur wijen. Makanan ini kenyal dibagian luar. Didalamnya terdapat isi gula merah dan campuran kacang hijau. Onde-onde di mojokerto memiliki cita rasa yang khas dan sedikit berbeda. Yang membuat berbeda adalah dibagian kulit yang kenyal dan lembut sehingga dapat menimbulkan sensasi tersendiri saat memakannya. Rasa gurih dari wijen juga memliki kenikmatan tersendiri.


2.       KERUPUK RAMBAK
Kerupuk rambak ini merupakan kerupuk yang terbuat dari kulit sapi yang sudah dikerinhkan  dan diolah dengan cara khusus untuk mendapatkan rasa yang gurih dan enak. Kerupuk ini sangat populer, loh. Untuk menikmati kerupuk ini kamu harus membawa segelas air untuk minum, karena kerupuk ini cukup membuat tenggorokan kering. Banyak sekali toko-toko di Mojokerto yang menjual kerupuk ini. Kerupuk rambak sanagt cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena sangat praktis dan juga tidak menyita banyak tempat.


Itu tadi adalah kebudayaan,tradisi, kesenian, dan makanan khas dari Mojokerto. Yang belum pernah ke mojokerto, buruan ke Mojokerto. Berburu makanan khas atau bisa juga menyaksikan tradisi-tradisi unik disini.

semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar